BIOGRAFI TIBBIL QULUB



Kang Jainul sedang atraksi!

Alhamdulillah ya.. sesuatu yang istimewa (ciella..) pada kesempatan yang paling berharga ini saya akan menceritakan asal mulanya paguron TIBBIL QULUB di bentuk yang dimana isinya wah banget lhoo.. let’s read !
        Berawal dari nama TQ alias TIBBIL QULUB. Nama ini di ambil dari sholawat AS-SYIFA yang dimana didalam sholawat As-syifa ini tertera suri tauladan yang sangat baik dari diri Rasulullah SAW yaitu TIBBIL QULUB yang artinya Obat hati. Mungkin dari kata penghibur hati ini, kami mempunyai pengharapan yang luar biasa darisosok TQ ini. Kami berharap dari Tibbil Qulub ini kami bisa berubah sikap ketingkat yang lebih baik lagi dan lebih utamanya lagi kami bisa mendekatkan diri kepada sang pencipta atas Ridho-Nya.
         Nah, selanjutnya TIBBIL QULUB ini dibentuk pada tanggal 18 maret 2012 tepat pada tanggal pembina sekaligus pendiri TIBBIL QULUB dilahirkan. Namanya Bapak Jamiludin, S.Ag.  seorang guru agama di SMPN 1 CUGENANG. Antusias beliau yang luar biasa terhadap TQ  ini, membuat TQ berkembang seiring berjalannya waktu dan menjadi ekstrakulikuler yang dipandang baik oleh guru-guru terutama kepala SMPN 1 CUGENANG. Beliau sangat berjasa di seni beladiri ini, selain beliau seorang guru agama, beliau juga bisa dikatakan sebagai seorang motivator di Tibbil Qulub.
           Tibbil Qulub sendiri sering mengadakan kegiatan atau acara yang bertujuan untuk membentuk karakter para anggota menjadi lebik baik, diantaranya :
  • Kenaikan tingkat, dalam kegiatan ini kami melaksanakannya dalam jangka waktu 6 bulan 1 kali. Lokasi yang pernah kami gunakan yaitu; nusa permai (legok singa); irigasi (gunung lanjung 1, cugenang – cianjur) dan masih banyak lagi. Lokasi-lokasi tersebut merupakan tempat yang anker menurut masyarakat setempat. Tapi kami mampu menaklukkan tempat itu tanpa ada gangguan dari makhluk kasat mata yang sering diceritakan.
  • Malam binaan iman dan takwa (MABIT), dalam kegiatan ini kami laksanakan pada bulan Ramadhan. Lokasi yang kami gunakan yaitu di SMPN 1 Cugenang – Cianjur.
  • Latihan gabungan, dalam kegiatan ini kami melaksanakannya pada bulan April 2014, berlokasi di Cibodas - Cipanas.  
  • Pengkaderan, kegiatan dilaksanakan pada bulan Desember 2013. Tujuan kegiatan ini untuk melihat kreatifitas, keaktifan, keberanian, kekompakan, dan kecerdasan para anggota yang nanti akan dijadikan sebagai pengurus Tibbil Qulub.
Nah, pesertanya adalah seluruh anggota Tibbil Qulub kelas VII, VIII dan IX SMPN 1 Cugenang.
Perlu kalian ketahui juga, ada nama khusus yang sering kami gunakan
sebagai nama akrab kami untuk menyapa anggota lain, maupun pelatih kepada anggota ataupun sebaliknya, yaitu Akang dan Teteh. Dan inilah daftar nama pelatih yang sejak dulu sampai sekarang tetap eksis, diantaranya;
1.     Akang Yayus
2.     Akang Fajar
3.     Akang Ramlan
4.     Akang Sandi
5.     Akang Budi
6.     Akang Dedi
7.     Akang Away ( Dede Anwar)
8.     Akang Ihsan
9.     Akang Sandi ( mail)
10.   Akang Andi Wijaya
11.   Akang Risda ( Acai )
12.   Akang Badar
13.   Teteh Novi
14.   Teteh Ida
15.  Akang Ridwan

       Namun selain semua nama diatas, kini anggota yang sekarang telah menduduki bangku SMA, telah dinobatkan sebagai pelatih anggota pemula.
Ini merupakan salah satu wujud kesetiaan , kekonsitenan dan kekompakan yang didasari rasa kekeluargaan para anggota maupun pengurus kita bisa bertahan dan berkembang sampai sekarang. Dan yang lebih kuatnya lagi karena berkat Allah SWT yang menjadikan kami lebih bisa loyal terhadap TIBBIL QULUB. Perlu kalianketahui para pelatih tersebut merupakan alumni dari SMP Negeri 1 Cugenang yang dahulunya mengikuti ekstrakulikuler ini, dan sekarang mereka tetap bertahan bukan sebagai murid di SMPN 1 Cugenang melainkan sebagai Mahasiswa dan ada pula yang sudah memiliki pekerjaan bahkan memiliki seorang pendamping hidup, tetapi masih tetap eksis di Tibbil Qulub.

       Ohiya, satu lagi yang membuat kami bangga terhadap Tibbil Qulub adalah, 16 anggota telah menginjakkan kakinya di Puncak Gunung Gede Pangrango.
“Pergilah, jelajahilah dunia, lihatlah dan carilah kebanaran dan rahasia- rahasia hidup; Niscaya jalan apapun yang kau pilih akan mengantarkanmu menuju titik awal. Sumber kebenaran dan rahasia hidup akan kau temukan di titik nol perjalananmu. Perjalanan panjangmu tidak akan mengantarkanmu ke ujung jalan, justru akanmembawamu kembali ke titik permulaan. Pergilah untuk kembali, mengembaralah untuk menemukan jalan pulang. Sejauh apapun kakimu melangkah engkau pasti akan kembali ke titik awal” – Paulo Coelho “ The Alchemist”.

       Itulah sebuah kalimat yang menjadikan kami membuat Tibbil Qulub sebagai rumah   ke-3 tempat mengemban ilmu setelah Rumah dan Sekolah. Karena sejauh apapun kaki kita melangkah kita akan kembali kepada titik yang telah membuat kita mampu melangkah sejauh itu. Dan kami akan selalu kembali kepada 3 tempat itu. Rumah (Keluarga), Sekolah dan TIBBIL QULUB.

Copyright by : Wina Auliana | editing by : ab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar